12 Tempat Wisata yang Lagi Hits di Kuningan

Advertisement

Masukkan script iklan 970x90px

12 Tempat Wisata yang Lagi Hits di Kuningan

Wednesday, August 24, 2016

Kuningan adalah salah satu kabupaten yang termasuk di wilayah Jawa Barat dan dikelilingi bukit-bukit dan gunung Ciremai. Letaknya yang berada di kaki gunung Ciremai, kabupaten Kuningan memiliki potensi alam yang indah dan menjadikannya tempat wisata.

Banyak potensi alam yang dijadikan tempat wisata di Kuningan. Mulai dari kegiatan pendakian, berenang, hingga menikmati keindahan alamnya yang begitu indah. Biar ngga panik, Pen Piknik merangkum beberapa tempat wisata yang lagi hits di Kuningan yang pastinya wajib kalian kunjungi, diantaranya adalah :

Tempat Wisata Hits di Kuningan


Berikut ada 12 tempat wisata yang wajib kalian kunjungi di Kuningan

1. Pemandian Cibulan


Pemandian Cibulan, Foto dari: fandyfuji.esy.es

Pemandian Cibulan ini sangat populer bagi masyarakat Jawa Barat, khususnya bagi masyarakat CIAYUMAJAKUNING (Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan). Tempat wisata Pemandian Cibulan ini memiliki sejarah panjang dalam peradaban Islam di tanah Jawa. Konon tempat ini menjadi tempat persinggahan Prabu Siliwangi.

Pada kolam ini terdapat ikan dewa yang konon katanya usianya sudah berumur ratusan tahun dan mitos yang berkembang di masyarakat bahwa ikan akan menghilang ketika kolam di bersihkan, ada pula warga masyarakat yang melihat ikan tersebut menjadi duri-duri ikan ketika malam bulan purnama. Lokasi pemandian Cibulan ini berada di Desa Manis Kidul, Kab. Kuningan, Jawa Barat.

2. Bukit Panembongan


Bukit Panembongan, Foto dari: brobali.com

Objek wisata Bukit Panembongan ini menjanjikan pemandangan alam Kabupaten Kuningan dari atas gardu pandang sederhana yang terbuat dari bambu yang menjadi spot foto yang cocok untuk berselfie ria.

Bukit Panembongan ini mulai hits di kalangan muda di akhir tahun 2015. Lokasi objek wisata ini berada di Desa Tambong, Kecamatan Garawangi, Kabupaten Kuningan.

3. Gedung Perundingan Linggarjati


Gedung Perundingan Linggarjati, Foto dari: jalurmudik.com

Gedung yang menjadi saksi sejarah perjanjian bangsa Indonesia dengan kolonial Belanda pada tanggal 10-13 November 1946 yang lokasinya berada tidak jauh dari Taman Wisata Linggarjati Indah.

Saat ini Gedung Perundingan Linggarjati dijadikan museum yang menjadi salah satu objek wisata favorit keluarga. Dalam gedung ini tedapat sejumlah foto dokumentasi pada saat perundingan linggarjati dilakukan. Lokasi Gedung Perundingan Linggarjati di Cilimus, Kuningan.

4. Kebun Raya Kuningan


Kebun Raya Kuningan, Foto dari: frdksm.blogspot.com

Kebun Raya Kuningan ini sangat cocok dijadikan liburan bersama keluarga. Wisata alam Kebun Raya Kuningan ini juga dikembangkan sebagai wahana wisata alam dan ilmiah (ecoturism) guna mengenal flora dan fauna endemik gunung Ciremai. Kebun Raya Kuningan ini berada di Desa Padabeunghar, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan.

5. Pemandian Air Panas Sangkanurip


Pemandian Air Panas Sangkanurip, Foto dari: sidaknews,com

Tempat wisata di Kuningan yang satu ini merupakan tempat wisata pemandian air panas alami beryodium yang menjadi favorit untuk mengendorkan urat-urat yang tegang sekaligus menikmati hidangan olahan ikan air tawar dan air panas alami.

Lokasi pemandian air panas sangkanurip berada di Desa Sangkanurip, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan.

6. Telaga Nilem


Telaga Nilem, Foto dari: sukma-rani.blogspot.com

Tempat wisata alam yang satu ini menjadi favorit dikalangan remaja karena keindahan alam dan kejernihan airnya. Telaga Nilem ini masih berada dalam kawasan wisata Telaga Remis/terusan jalan Telaga Remis tepat di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan.

7. Curug Putri Palutungan / Air Terjun Putri Palutungan


Curug Putri, Foto dari: pintuwisata.com

Curug Putri Palutungan berada di kawasan taman nasional gunung ciremai yang merupakan salah satu tempat wisata alam favorit bagi masyarakat sekitar maupun pecinta alam.

Lokasi Curug Putri Palutungan ini berada di Palutunga, Kecamatan Cigugur, Kuningan. Sepanjang jalan menuju Curug Putri kalian akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang sangat indah di sekitar perbukitan.

8. Curug Sidomba


Curug Sidomba, Foto dari: telusurindonesia.com

Tak hanya Curug Putri yang menjadi wisata alam favorit, masih banyak curug-curug di daerah Kuningan yang populer dan menjadi favorit para wisatawan domestik. Salah satunya adalah Curug Sidomba, curug ini berada di Desa Peusing, Kecamatan Jalaksana, Kuningan.

9. Lembah Cilengkrang


Curug Cilengkrang, Foto dari: dandiprimadani.wordpress.com

Lembah Cilengkrang merupakan salah satu wisata alam yang menawarkan keindahan alamnya yang masih asri, Jika kalian berkunjung kesini, kalian akan merasakan sensasi mendaki (hiking) untuk menuju Curug Cilengkrang ini, serta terdapat 2 buah curug (Curug Sawer dan Curug Sabuk) ditambah dengan adanya tempat pemandian air panas alami.

Lokasi Lembah Cilengkrang ini berada di sebelah barat Desa Pejambon, Kecamatan Kramatmulya, Kuningan.

10. Curug Bangkong


Curug Bangkong, Foto dari: www.youtube.com

Masih banyak curug atau air terjun yang wajib kalian explore di Kuningan, salah satunya Curug Bangkong. Curug ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter yang sekitarnya dibangun tanggung sebagai pengaman dari ancaman abrasi sungai.
Curug ini terletak di Desa Kertawiratma, Kecamatan Nusaherang, Kuningan

11. Gunung Ciremai


Gunung Ciremai dari puncak, Foto dari: travelesia.com

Gunung Ciremai memiliki ketinggian 3.080 mdpl yang merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat.
Hamparan pemandangan alam yang disajikan di Taman Nasional Gunung Ciremai sangat mempesona seolah menantang para pendaki untuk menaklukkan Gunung Ciremai ini.

12. Waduk Darma


Waduk Darma Kuningan, Foto dari: kabupaten-kuningan.blogspot.com

Waduk Darma merupakan waduk yang dibuat untuk mengairi area pesawahan di sekitarnya yang memiliki luas area 425 hektar. Waduk Darma juga di jadikan objek wisata di Kuningan yang wajib kalian kunjungi, Waduk Darma menawarkan keindahan alamnya dan kesejesukan udaranya yang nyaman dinikmati.

Lokasi Waduk Darma berada di Jl Raya Cirebon-Kuningan-Ciamis, Desa Jegara, Kecamatan Darma. Kuningan

Masih banyak tempat wisata yang menarik yang belum di explore di Kuningan, setiap tempat wisata memang memiliki daya tarik tersendiri dan tentunya wajib juga kalian kunjungi. Jadi mulai sekarang pilih tempat wisata manakah yang dijadikan destinasi wisata untuk mengisi waktu liburan anda bersama teman-teman dan keluarga.