7 Tempat Wisata yang Lagi Hits di Cirebon

Advertisement

Masukkan script iklan 970x90px

7 Tempat Wisata yang Lagi Hits di Cirebon

Saturday, August 20, 2016

Cirebon adalah sebuah kota kecil yang memiliki beragam bahasa dan logat yang berbeda hampir setiap kampungnya. Banyak orang menyebut kota ini dengan julukan Kota Udang, Kota Para Wali dan bahkan baru-baru ini kota Cirebon disebut dengan Kota Tilang.

Cirebon juga terkenal akan kebudayaan dan pariwisatanya. Selain Keraton Kasepuhan dan Kesenian Tari Topengnya, Cirebon juga memiliki banyak tempat wisata yang unik yang wajib di kunjungi dalam setiap tempat wisata ada beberapa pesan yang mungkin disampaikan pengelola tempat tersebut kepada para pengunjung.

Biar nggak panik, PenPiknik merangkum beberapa tempat wisata yang lagi hits di Cirebon dan pastinya wajib kalian kunjungi, diantaranya adalah :


Tempat Wisata Hits di Cirebon


Berikut 7 Tempat Wisata yang Lagi Hits di Cirebon

1. Adeirma Suryani Cirebon Waterland


Adeirma Suryani Cirebon Waterland, Foto dari: log.viva.co.id/

Adirma Suryani Saat Malam, Foto dari: @irvanqursyan

Adeirma Suryani Cirebon Waterland adalah tempat wisata air yang lagi hits, terletak di pinggir pantai yang membuat kamu lupa diri akan pesonanya. Apalagi jika kamu datang di pagi hari buta, kamu akan bisa menikmati indahnya sunrise dari tempat ini. Cirebon Waterland terletak di Jl. Diponegoro, Kota Cirebon. Di sekililing Jl. Diponegoro juga terdapat banyak bangunan bangunan tua peninggalan Belanda.

2. Pantai Kejawanan



Pantai Kejawanan, Foto dari: @alfiansyaah

Pantai Kejawanan, Foto dari : travel.kompas.com

Kota Cirebon terletak di pesisir utara pulau jawa, jadi cirebon mempunyai objek wisata pantai, salah satunya adalah Pantai Kejawanan. Objek wisata ini sangat cocok untuk acara liburan keluarga, karena pantai ini di lengkapi dengan fasilitas yang cukup lengkap, mulai dari sarana untuk berenang hingga santap makan. Meskipun kondisi sekarang pantai kejawan begitu apalah, tapi sangat ramai di kunjungi. Bukan hanya pantai dan lautnya yang memanjakan mata, dipantai ini juga terdapat kapal-kapal tua bahkan yang tenggelam yang menarik untuk menjadikan obejk foto. Pantai ini terletak di Jl. Yos Sudarso, Kota Cirebon.

3. Keraton Kasepuhan


Keraton Kasepuhan, Foto dari: www2.jawapos.com

Keraton Kasepuhan merupakan salah satu tempat wisata paling populer di Cirebon. Kamu bisa menikmati dan mengetahui tentang sejarah mengenai Keraton Kasepuhan yang merupakan pusat pemerintahan pertama kesultanan Cirebon. Jika anda ingin berkunjung kesinin, saya sarankan untuk berkunjung pada tanggal 1 Syawal karena ada ritual pemandian kereta kencana Singo Barong.
Lokasi keraton ini ada di Jl. Kasepuhan No. 43 Kampung Mandalangan, Kelurahan Kasepuhan, Kecamatan Lemah Wungkuk, Kota Cirebon.

4. Keraton Kanoman


Keraton Kanoman, Foto dari: alit.co.id

Selain Keraton Kasepuhan, di Cirebon masih banyak keraton-keraton yang harus kalian kunjungi, salah satunya adalah Keraton Kanoman. Keraton Kanoman berada di Jl. Winaon, Kampung Kanoman, Kelurahan Lemah Wungkuk, Kecamatan Lemah Wungkuk, Kota Cirebon. Lokasi keraton ini berada di belakang pasar kanoman. Di Keraton ini memiliki banyak benda-benda pusaka yang bersejarah, seperti kereta perang Paksi Naga Liman dan Kereta Jempana dan beberapa koleksi bersejarah lainnya.

5. Situ Sedong


Situ Sedong, Foto dari: Seputarwisata.com

Situ Sedong merupakan waduk buatan pada zaman Kolonial Belanda pada tahun 1918 yang berfungsi untuk menampung air hujan dan sungai untuk mengairi lahan pertanian di sekitar kecamatan Sedong, Kabupaten Cirebon. Situ Sedong memiliki kedalaman 5-10 meter dengan luas hampir 150 hektare.
Saat ini Situ Sedong dijadikan tempat wisata yang menjanjikan keindahan alamnya pada sore hari dan kalian juga bisa melakukan aktivitas lain seperti memancing dan menyewa becak air.

6. Situ Patok


Situ Patok, Foto dari: aliminiaincirebon.blogspot.com

Situ Patok saat kemarau

Sama halnya dengan Situ Sedong, Situ Patok ini adalah waduk buatan yang terletak di Desa Setu, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon. Situ Patok ini menjanjikan keindaan alamnya dengan begitu indah dengan gunung yang berada di tengahnya yang menjadi ikon situ patok ini. Tidak hanya saat situ ini sedang ada airnya saja, namun saat kemaraupun situ patok menonjolkan keindahan alamanya.

7. Taman Sari Goa Sunyaragi


Goa Sunyaragi, Foto dari: www.pbase.com

Goa Sunyaragi merupakan goa yang paling unik, terletak di Jl. Bypass Brigjen Dharsono, Kelurahan Sunyaragi, Kesambi, Kota Cirebon. Jika kalian berkunjung ke Goa Sunyaragi, kalian akan melihat dua bangunan utama yaitu, Pesanggrahan dan Goa. Pesanggrahan merupakan bangunan yang terdapat beberapa ruang, sedangkan bangunan Goa akan terlihat seperti candi dari luar dan didalamnya terdapat goa dengan banyak lorong dan menyerupai labirin.


Ini hanya beberapa tempat wisata yang paling populer dikunjungi oleh wisatawan domestic, masih banyak tempat wisata yang menarik di Cirebon yang perlu kalian ketahui dan wajib di kunjungi.
Karena banyak makna dan pengetahuan yang akan kalian dapat jika berkunjung ke Cirebon.